Rawat Literasi Di Blora, DEMA IAI AMC Gelar Seminar Nasional

 


Cepu, Judications Journey- DEMA IAI Al Muhammad Cepu menggelar seminar literasi nasional  bertajuk "Jejak Langkah Pram, Di Bumi Manusia" pada Kamis, (08/06) di Hotel Dian Edu Cepu.

Agenda seminar ini diadakan dalam rangka penyerahan hadiah Lomba Esai Nasional sekaligus sebagai puncak acara Lomba Esai yang sempat digelar bulan lalu oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa IAI Al Muhammad Cepu. 

Ratusan peserta  yang terlibat antusias mengikuti seminar. Beberapa diantaranya berasal dari mahasiswa kampus IAI Al Muhammad Cepu dan kampus Blora serta Bojonegoro.

Seminar yang dibuka oleh Wakil Rektor III,
Drs.H. Slamet Mamiek, MM, M.Pd itu juga dihadiri oleh jajaran Forkopimcam Cepu dan dosen IAI Al Muhammad Cepu.

Sebelum seminar berlangsung, pemenang lomba esai  presentasi tentang esai yang diangkat kemudian penyerahan hadiah pemenang lomba dan dilanjutkan penyerahan buku naskah esai dari hasil Lomba Esai Nasional.

Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., MSI , dalam sambutanya mendukung penuh adanya kegiatan seminar dan mengajak mahasiswa untuk mempopulerkan Blora sebagai Kota Literasi.

"Silahkan nanti buat kegiatan yang bisa menghasilkan karya seperti lomba esai dan seminar literasi seperti ini. Dan melalui kegiatan itu karya yang dihasilkan bisa dibukukan. Saya mendukung penuh acara seminar ini dan berharap partisipasi para Stakeholder, terutama mahasiswa mahasiswi yang ada disini untuk  mempopulerkan Blora sekaligus menumbuhkan semangat literasi.  kami tunggu hasil karya selanjutnya," imbuhnya.

"Sejalan dengan tema yang diangkat dalam seminar ini, Pram merupakan tokoh literasi dari Blora yang karyanya sangat terkenal sampai Internasional. Coba nanti tahun depan kita akan agendakan untuk membuat kegiatan mengenang tokoh Pram sebagai tokoh Literasi Blora," tambahnya.

Sementara itu, Rektor IAI Al Muhammad Cepu, Drs. Kadarismanto, M.Pd.I menambahkan, kegiatan ini merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Kegiatan ini bisa dikatakan sebagai bagian dari pengamalalan  Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang meliputi Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, apalagi jika membahas seputar literasi, tentunya bisa melahirkan ide ilmiah dalam intelektual mahasiswa," Ungkapnya.

Kemudian, Ahmad Syarief Hidayatullah selaku Ketua DEMA berharap kegiatan ini bisa membuka wawasan mahasiswa.
"Saya harap acara seminar ini mampu menambah pengalaman dan membuka wawasan global mahasiswa mengenai literasi serta menjadi langkah awal IAI Al Muhammad Cepu dalam mengembangkan jaringan kerjasama dengan banyak Stakeholder" paparnya. 

Menurut informasi, DEMA IAI Al Muhammad Cepu menggelar tiga serangkaian acara dengan tema "Menghidupkan Kembali Budaya Literasi". Tiga rangkaian acara tersebut diantaranya ialah Lomba Esai Nasional, yang kedua Bedah Buku dan yang terakhir sekaligus puncak acara merupakan Seminar Nasional.  

Komentar